Iklan Semua Halaman

Dugaan Korupsi Anggaran Bencana Rp 5 Miliar, Bupati Nias Selatan Diperiksa

Suara Nias
Wednesday, May 29, 2013

Medan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memeriksa Bupati Nias Selatan (Nisel), Idealisman Dachi dalam kasus dugaan korupsi dana tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerahnya. Dachi diperiksa sebagai saksi kasus korupsi senilai Rp 5 miliar


KBR68H, Medan - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memeriksa Bupati Nias Selatan (Nisel), Idealisman Dachi dalam kasus dugaan korupsi dana tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerahnya. Dachi diperiksa sebagai saksi kasus korupsi senilai Rp 5 miliar ini.


Dachi mengatakan, ada kesalahan dalam pengalokasian anggaran tanggap darurat itu. Dana yang mestinya dipakai untuk delapan kecamatan di Nias Selatan, namun hanya dipakai untuk satu kecamatan saja, yaitu Mazo.


"Kasus Mazo, inikan hanya Mazo itu kan hanya branded, padahal sebenarnya bencana alam itu terjadi di wilayah Nias Selatan, kan gitu. Maka keputusan saya mengeluarkan tanggap darurat itu adalah bukan tanggap darurat Kecamatan Mazo, itu adalah tanggap darurat untuk wilayah Nias Selatan," ujarnya.


Kasus ini melibatkan Kepala BPBD Nisel, Arototona Mendrofa yang perkaranya sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Tipikor Medan. Kasus ini mencuat setelah adanya laporan masyarakat yang menemukan kejanggalan dalam penggunaan anggaran bencana Kabupaten Nias Selatan. (EB)


sumber : kbr